Kamis, 12 November 2015

Cara Perawatan Sepatu Safety


Cara Perawatan Sepatu Safety - Harga sepatu safety ( safety shoes ) cukup mahal dibandingkan dengan jenis sepatu lainya, karena terbuat dari bahan yang berkualitas guna faktor keamanan. Bahan utama dari sepatu ini adalah kulit yang dipadu dengan metal, bagian bawahnya ( sol ) terbuat dari karet tebal dan ulet. Dengan bahan yag seperti itu anda akan aman dari kecelakaan.

Namun setiap barang jika tidak dirawat maka akan cepat rusak, dan perawatan sepatu safety adalah hal yang utama, terlebih fungsinya sebagai pelindung diri baik dari benda tajam, panas maupun benda-benda berat. Kita semua tidak ingin sepatu safety yang dikenakan tidak menjalankan fungsinya, akibat kita tidak atau kurang merawatnya dengan baik.

baca juga : jual sepatu safety termurah di Jakarta | Surabaya | Medan | Semarang

Oleh karenanya berikut ada beberapa tips cara merawat sepatu safety dengan baik, yaitu :

1. Simpanlah sepatu pelindung pada tempat yang kering dan suhu sedang karena bahan dasarnya terbuat dari kulit. Kulit akan mudah menjamur bila ditaruh ditempat lembab, bila sepatu sudah menjamur maka akan cepat jebol. Disimpan disuhu sedang bertujuan agar bahan karet pada bagian bawah sepatu tidak cepat rusak karena pemanasan suhu, misalnya ditaruh dibawah sinar matahari.

2. Mencuci dan menyemir sepatu secara rutin adalah hal utama dan penting dalam perawatan sepatu ini. Bila sepatu jarang untuk dicuci dan disemir maka akan kotor dan dekil. Anda tentu tidak akan mau menggunakan sepatu dekil dan kotor untuk berangkat kerja. Selain itu. Sepatu akan cepat rusak dan jebol jika terlalu lama dalam kondisi dekil dan kotor.

3. Cucilah sepatu safety dengan deterjen yang bersifat lembut. Bila anda mencuci sepatu ini dengan deterjen yang besifat keras maka bahan pewarnya sepatu akan pudar karenanya, hal ini akan membuat warna sepatu menjadi luntur dan jelek untuk dipakai.

4. Bila sepatu safety sudah menjamur maka cara paling tepat dalam membersihkanya adalah dengan menggunakan pembersih semprot khusus. Setelah disemprot secara keseluruhan maka sikatlah bagian yang menjamur dengan sikat halus (misal sikat gigi). Jangan terlalu keras dalam menggosokanya agar warna sepatu tidak pudar. Setelah disikat dan dibilas maka jemurlah pada ruangan yang tidak langsung terkena sinar matahari. Jika anda mempunya kipas angin maka kipasilah sepatu denganya agar proses penjemuran cepat selesai.

5. Jika sepatu safety berwarna putih maka cucilah dengan dterjen yang lebih lembut. Anda bisa menggunakan odol dalam mencucinya. Ratakan dan sikat sepatu secara merata agar kulitnya tidak rusak dan tahan lama.

6. Jemurlah sepatu pelindung pada terika matahari yang tidak terlalu panas, sekitar 7 sampai 11 menit. Karena bila terlalu panas tentunya dalam penjemuran berulang-ulang akan merusak bahan sepatu dari metal dan karet. Sewaktu menjemur, anda jangan lupa untuk menaruh ganjalan pada sepatu pelindung. Hal ini dimaksudkan agar bentuk sepatu tidak berubah atau kusut karena kulit sepatu mudah berubah bentuk dan kusut karena air dan panas. Bahan ganjalan yang bisa anda gunakan adalah kain kering yang bersih atau gabus.

7. Jangan sekali-kali memakai sepatu dalam keadaan basah. Karena kaki yang basah dapat cepat menyebarkan bakteri dan kuman secara cepat. Bila bakteri dan kuman sudah berkembang maka sepatu safety akan cepat bau dan bisa menyebarkan penyakit. Pakailah sepatu dalam kondisi kaki kering, bila anda dalam keadaan terburu-buru maka laplah kaki basah anda dengan handuk kering sebelum memakai sepatu.

8. Sepatu yang bau biasanya dikaibatkan oleh kaki sering berkeringat. Banyak oran yang mengalami hal ini. Untuk mengatasinya maka kaki anda harus benar-benar kering ketika memakai sepatu. Kemudian pakailah kaos kaki yang bersih agar tidak ada bakteri dan kuman yang terbawa. Selanjutnya cucilah secara rutin sepatu dan kaos kaki anda secara rutin agar sepatu dan kaki anda bebas dari bau tak sedap.

9. Sepatu safety yang wangi bisa anda dapatkan bila anda menggunakan semprotan khusus sepatu (shoes spray). Cara pemakaianya yaitu sepmrotkanlah pewangi pada luar dan dalam sepatu, setelah itu biarkan selama 10 menit agar cairan pewangi tersebut mengering dan melekat kalapisan sepatu. Nah setelah 10 menit maka anda bisa memakainya dengan percaya diri.

10. Bila bagian sepatu sudah ada yang terkelupas, terkuat atau copot maka rkatkan kembali dengan menggunakan lem sepatu. Janganlah menggunakan lem lain seperti lem besi, lem kayu atau lem pvc untuk merekatnkanya karena akan merusak bagian sepatu dan sambungan yang dibentuk tidak kuat.

Nah itu tadi beberapa tips untuk perawatan sepatu safety anda. Semoga artikel di atas dapat membantu dan memberikan tambahan wawasan buat para pembaca. Terima kasih
baca juga :  Sepatu Safety Paling Banyak Diminati

Artikel lain : Cara perawatan kaos sablon

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2016 ngeBLOGyuk.

| Distributed By: SafeTricks & Techrar